mengatasi hama rayap

Hama Rayap? Segera atasi dengan cara yang paling tepat! Berikut caranya!

Siapa yang tidak kesal dengan adanya rayap, Rayap merupakan salah satu Hama yang kerap dijumpai di rumah-rumah, Apalagi Rayap sering muncul di furniture atau material yang berbahan kayu. Selain bikin resah, keberadaan rayapun membuat material dan furniture menjadi tidak tahan lama karena tergerus digerogoti rayap.

Banyaknya cara untuk membasmi harap rayap satu ini, tapi sebaiknya Anda tidak menggunakan obat-obatan kimia sebagai cara cepat membasmi rayap, karena resiko menggunakan bahan bahan kimia sangatlah tidak baik untuk kesehatan.

Dengan itu, kami disini akan memberikan beberapa tips dan cara untuk membasmi rayap secara alami tanpa menggunakan obat-obatan, apalagi untuk Anda yang bertempat tinggal dengan material dominan kayu, harus mengetahui cara cara ini, agar dapat mencegah dan membasmi sewaktu-waktu rayap menyerang. yuk, kita simak apa saja dan bagaimana cara membasmi rayap dengan capat :

Beberapa cara cepat membasmi Hama Rayap

1. Perbanyak Ventilasi!

Perbanyak pentilasi, lalu apa hubungannya? seperti yang kita ketahui bahwa rayap cenderung menyukai tempat yang lembab dan minim sinar matahari, apalagi jika Anda memiliki banyak furniture atau inteor yang berbahan kayu.

Mungkin hama rayap akan semakin banyak jika ara tersebut lembab, maka dari itu cara membasmi rayap pertama ialah dengan membangun ventilasi yang memadai dan tidak pelit, sehingga matahari dapat masuk kesetiap sudut rumah dan meminimalisir area yang lembab.

baca juga : 5 Dekorasi ruang Makan, yang bikin makan seperti dihotel bintang 5

Maka dari itu, yuk perbanyak ventilasi agar furniture dan barang berbahan kayu miliki Anda aman terhadap hama rayap.

2. Sesegera Mungkin menutupi Retakan tembok

Tahap kedua yang bisa Anda lakukan ialah, dengan memerkan seisi rumah jika Ada tembok yang rusak atau pecah, walaupun kita sendiri tidak pernah menyadari adanya retakan.

Untuk itu, Anda harus memperiksa setiap sudut tembok secara teliti. Banyak hal yang akan terjadi jika tembok tersebut dibiarkan terbuka, karena retakan tembok akan menjadi jalan rayap untuk ke dalam rumah sehingga kita akan kewalahan untuk mencari cara membasmi rayap ketika koloni rayap sudah terbentuk dan mengganu. Untuk itu, periksa sisi rumah dengan sekama.

Mungkin, tahap ini sedikit menyulitkan. Tapi, hal ini akan berdampak besar untuk memimalisir atau mehapus tuntas permasalah rayap di rumah terbaik anda.

3. Menjemur Furniture kayu yang baru termakan Rayap

Cara membasmi rayap berikutnya ialah, dengan menjemur furniture yang menurut Anda sudah terkena hama rayap. Karena kita tahu sendiri bahwa rayap tidak menyukai sinar matahari terlalu lama.

Selain itu, selalu gunakan pernis secara berkala pada peralatan perabot Anda agar tidak mudah dikemasukan uap Ar, lalu sebagai langkah pencegahannya. Berikat jarak antara furntirue dengan dinding agar tidak memancing hama rayap menuju furniture kayu Anda.

Baca selengkapnya : Gunakan dinding kayu ulin agar tidak terkena Hama rayap

Tahap Ini mungkin akan sedikit menyulitkan, tapi dengan sering menjemur furniture kayu akan memberikan dampak tahan lama terhadap furniture tersebut dan terhindar dari hama rayap yang menjengkelkan.

4. Menggunakan Air cucian Beras

tahap selanjutnya yang bisa anda gunakan ialah, dengan menggunakan cairan bekas beras. JIka anda suka masak, pastinya air dari cucian beras akan terbuang sia-sia bukan?

Tapi kali ini Anda dapat menggunakan air cucia tersebut untuk membasmi hama rayap, dengan cara kumpulkan air cucian beras dan diamkan beberapa menit, setelah itu gunakan penyemprot air untuk burung lalu semprotkan pada tempat yang terserap rayap.

Cara ini akan membuat rayap berkurang secara perlahan dan pergi meninggalakn tempat tersebut. Cara membasmi satu ini sangat mudah dilakukan dan tentunya tidak mengeluarkan uang sedikitpun.

5. Menggunakan Kapur barus

Cara berikutnya ialah, dengan menggunakan kapur barus. Kita tahu sendiri bahwa kapur barus memiliki segudang manfaat, karut baruspun memiliki kandungan naftalena didalamnya, yang dapat digunakan untuk membasmi rayap secara efektif.

Selain itu, kapur barus bisa digunakan untuk menghilangkan kecoa atau mencegah serangga kecil masuk kedalam rumah Anda. Bau kapur barus, terbukti sangat ampuh karena tidak disukai oleh berbagai rayap. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Letakan kapur abrus difurniture rumah Anda, setelah itu rayap akan menghindari lokasi tersebut.

Bagimana? adakah cara yang akan Anda gunakan untuk membasmi hama rayap? Tapi, sudah tahu gejala apa saja yang akan ditimbulkan oleh hama rayap? begini informasinya agar Anda semakin peka untuk melindungi furniture kesayangan anda.

Kenali beberapa Gejala adanya Hama Rayap

Berikut beberapa Gejala yang Harus anda ketahui, agar Anda dapat menyimpulkan bahwa area tersebut terkena hama rayap, Berikut beberapa gejala adanya hama rayap :

  1. Kayu terlihat lebih tipis dan berongga
  2. Kotoran Rayap yang memenuhi area yang terduga
  3. Terlihat retakan kusen yang mulai menyebar
  4. Adanya debu atau butiran kayu dilantai
  5. Tabung lumpur yang menempel pada dinding

Berikut merupakan gejala gejala biasa yang terjadi ketika Dinding atau furniture miliki Anda terkena Hama rayap, untuk itu yuk segera atasi dan lakukan pencegahan agar tidak menyebar kemana-mana.

Bagaimana? sudah jelas artikel mengenai cara membasmi hama rayap dengan tepat? Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan tentunya selamat menikmati hunian terbaik dengan Lantai Kayu berkualitas.