Tips Terbaik Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Awet

Tips Merawat Lantai Kayu –  Lantai kayu atau yang sering disebut juga lantai parket merupakan jenis penutup lantai yang terbuat dari kayu, pada era sekarang ini pengaplikasian lantai kayu sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Lantai kayu ini juga memang sudah populer di kalangan masyarakat.

Penggunaan lantai kayu parket umumnya berada di kamar tidur, tangga, ruang keluarga, dan di dapur. Kayu Parket memberikan kesan natural yang mampu berpadu dengan tema ruangan yang bervariatif seperti minimalis, kontemporer, hingga klasik.

Di era yang modern ini lantai kayu parket menjadi pilihan untuk penutup lantai hunian anda, kenapa mengaplikasikan lantai kayu sebagai pelapis lantai hunian anda ? ya, karena dengan menggunakan lantai kayu bisa menambah daya tarik serta menambah nilai estetika pada hunian anda dan juga akan mengadirkan kesan yang natural.

Jangan sampai terlupakan ya,

Sebelum anda ingin mengaplikasikan lantai kayu ini ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara merawat lantai kayu dengan baik dan benar, untuk itu ayo kita simak ulasannya berikut ini.

Beberapa Tips Untuk Cara Merawat lantai Kayu

Sapu Lantai Secara Teratur

Bersihkan debu dengan menggunakan lap kering pada permukaan lantai setiap hari guna menghilangkan kotoran.

  • Sapu sesuai arah lantai kayu. Dengan menyapu sesuai arah dari lantai kayu akan memungkinkan Anda untuk mengangkat setiap kotoran yang masuk antara alur dari potongan-potongan lantai kayu.
  • Sangat disarankan menggunakan sikat lantai biasa. Bulu jerami yang keras pada sikat dapat merusak permukaan lantai.
  • Meskipun lantai kayu terbilang anti gores, namun kotoran berlebih, rambut, dan puing-puing dapat menyebabkan goresan jika dibirakan dari waktu ke watku. Namun goresan tidak akan muncul jika lantai kayu dibersihkan secara teratur.
  • Selain menggunakan pel kering, Anda juga bisa menggunakan alat penyedot debu dengan sambungan sikat yang lembut.

Segera Bersihkan Jika Ada Cairan Yang Menggenang

Air merupakan musuh bagi lantai kayu karena jika genangan air didiamkan maka akan mengakibatkan permukaan lantai kayu menjadi lembab dan akan mengakibatkan pelapukan pada lantai kayu sehingga menyebabkan kerusakan.

berikut cara membersihkan cairan yang menggenang pada lantai kayu :

  • Jangan biarkan cairan, bahkan air biasa, tergenang di lantai kayu terlalu lama. Maka cairan itu dapat menjadi noda atau bahkan merusak lapisan pelindung yang terdapat pada lantai kayu.
  • Serap cairan dengan menggunakan kain kering.
  • Kemudan basahi kain atau spons sebelum membersihkan pada area tumpahan guna menghilangkan noda yang tersisa.
  • Lalu keringkan area tersebut dengan memakai kain kering yang lembut. Dan jangan sampai lantai terlihat basah.

Hindari Pada Tempat Yang Lembab

Permukaan yang lembab ini bisa menjadi masalah untuk lantai kayu, menagapa demikian? karena genangan air bisa mengendap sehingga akan mengakibatkan pelapukan pada lantai kayu.

Anda tidak ingin kan lantai anda menjadi lapuk? oleh karena itu usahakan jangan menggunakan pada tempat yang lembab.

Alasi Lantai Kayu Dengan Karpet

Tips Selanjutnya yaitu lapisi lantai dengan karpet kenapa harus dilapisi dengan karpet? karena dengan menggunakan karpet bisa meminimalisir terjadinya goresan pada lantai kayu. Selain itu juga menggunakan karpet ini juga sangat bagus menghindari debu agar tidak langsung masuk ke celah kayu.

Selain itu anda juga jangan lupa untuk selalu menjemur karpetnya guna mencegah terjadinya kelembaban pada lantai kayu.

Bagi anda yang ingin mengaplikasikan lantai kayu namun tidak mengetahui berapa harganya silahkan untuk Mengetahui Harganya >>>> Klik Disini <<<<

Poles Lantai

Memoles Lantai kayu merupakan salah satu cara yang jitu agar lantai kayu senantiasa terawat dan terjaga keawetannya. Walaupun prosesnya lumayan rumit tapi luangkanlah sedikit waktu untuk memoles lantai kayu setiap beberapa bulan sekali.

Memoles Lantai kayu ini juga bisa membuat Lantai anda akan tampak mengkilap dan terlihat seperti baru lagi.

Itulah Beberapa cara merawat lantai kayu agar tak cepat rusak dan agar tetap kinclong serta terjaga kebersihannya. Semoga lantai kayu di rumahmu senantiasa awet dan selalu terjaga ke estetikannya, ya!