kayu kumea

Yuk, Kenali Kayu Kumea, kayu terbaik yang mempesona.

Kayu merupakan salah satu material unggulan yang menjadi material favorite bagi para pembuat interior dan furniture, banyaknya jenis kayu membuat para tukang memiliki banyak alternative untuk digunakan.

Seperti halnya jenis kayu satu ini, yaitu kayu kumea. Sudah tahu dengan kayu kumea? Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui kayu satu ini, karena kayu kumea belum cukup populer dan terkenal. Namun, bagi para pembuat furniture kayu kumea adalah jenis kayu Andalan untuk dibuat furniture.

Walaupun kayu kumea tidak seterkenal kayu lainya, tapi Anda harus mengetahui bagaiamana karakteristik dan keunggulan dari kayu satu ini, karena kayu kumea memiliki berbagai macam manfaat dan keunggulan yang bahkan, keunggulan tersebut dapat menandingi jenis kayu terkenal seperti kayu merbau.

Pastinya Anda penasaran bukan? Untuk itu kami akan memberikan beberapa informasi mengenai karakteristik kayu kumea beserta plus minus dan manfaat yang bisa Anda ketahui. Berikut informasinya :

Apa itu Kayu Kumea ?

Pohon Kumea atau nama latin dari kayu ini yaitu (Manilkara Merrilliana H.J.L) yang merupakan pohon dengan warna kayu yang coklat kemerahan, serta jenis kayu ini hampir sama dengan kayu terbaik dan terunik yaitu Merbau, Tapi kayu kumea adapat dibedakan dari gubal kayu yang berwarna Coklat dan kemerahan.

Ada yang tau gubal itu apa? ya, gubal merupakan bagian dari kayu yang terdapat antara kulit dan kayu teras, pada umumnya berwarna lebih terang dari kayu terang.

Gubal dari kayu kumea memiliki lebar yang cukup lebar, yaitu dapat mencapai ukuran 3,4 c dengan proporsi kayu terasnya yang dapat mencapai 50% saja itupun berdasarkan Volume dari pohonnya.

lalu bagaimana dengan serat dari kayu kumea? tentunya, kayu kumea memiliki serat yang padat dengan serat yang lurus bercabang.

Namun, serat dari kayu kumea mudah retak, hal tersebut membuat para ahli tukang harus berhati-hati dalam proses pengovenan. Namun, hal tersebut tidak menjadikan masalah yang yang berat, dan andapun harus tahu bahwa kayu kumea memiliki berata jenis yang hampir tinggi dari kayu merbau.

Baca juga : Gunakan material kayu untuk papan Tangga

Lalu, bagaimana dengan manfaat dari kayu Kumea? Berikut informasinya :

Begini manfaat yang dihasilkan dari Kayu Kumea

Manfaat yang dihasilkan dari kayu kumea, tidak jauh dari kayu kayu lainnya, yaitu kayu kumea biasanya bisandigunakan untuk beberapa kebuthan bahan bangunuan seperti tiang rumah.

Namun, jika Anda menginginkan kayu jenis ini, Anda bisa menggunakan untuk material interior hunian Anda, karena kayu kumeapun dapat digunakan untuk material interior seperti plafon dan terkhusus lantai outdoor ( Decking ).

Apalagi jika Anda menyukai kayu merbau, namun tidak memiliki budget yang cukup karena merbau terbilang mahal. Maka dari itu, Anda bisa menggukan kayu kumea sebagai alternatif karena memiliki harga yang cukup terjangkau dan mirip dengan Kayu Merbau.

Lalu, bagaimana dengan keunggulan dan kelemahan dari Kayu Kumea?

Mengenal plus dan minus menggunakan Kayu Kumea

Keunggulan Kayu Kumea

Pastinya Anda akan bertanya – tanya mengenai keunggulan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari kayu kumea, ya tentunya dengan Anda menggunakan kayu jenis ini Anda sudah pasti akan mendaptkan banyaknya keuntungan terlebih kayu kumea memiliki harga yang relatif terjangkau.

Dengan harga tersebut kayu kumea adapat memanjakan anda dengan tingkat kuat dan tingginya yang cukup tinggi, kayu kumea memiliki kelas kuat I-II dan kelas awet kelas II, dengan harga yang terjangkau tingkat I-II merupakan tingkat paling Tinggi, dan bukan hanya itu saja.

Kayu Kumea tidak hanya memiliki tingkat keras dan tinggi saja, melainkan kayu kumea terdapat senyawa alami yang berfungsi untuk menangkal atau menjauhkan dari gangguan rayap dan bahkan jamur.

Dengan itu, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakannnya sebagai lanta kayu outdoor, karena karakteristik dan ketahannnya dapat di andalkan.

Kelemahan Kayu Kumea

Tentunya setiap jenis kayu memiliki keunggulan dan kelemahannya, hal itupun terdapat pada kayu kumea. Salah satu kelemahan dari kayu kumea ialah kayu kumea tidak tahan terahadap air atau endapan air karena dapat mengakibatkkan lantai bisa lapuk.

lalu, kayu kumea pun rentan terhadap goresan, makad ari itu Anda harus berhati hati jika menyimpan furniture yang ujung furniturenya tajam, kayu kumea pun memelrkukan perawatan yang lebih ekstra dan disarankan untuk melakukan perawatan rutin agar menjaga kilap lantai kumea.

Jika tadi sempat terbahas mengenai persamaan kayu merbau, tapi pada dasarnya kedua tersebut sangatlah berbeda hanya saja ada persamaan yang sangat signfikan yang membuat kayu kumea dan merbau terkenal sama. berikut akan kami uraikan perbedaan dari kayu kumea dan Merbau, berikut informasinya :

Perbedaan Kayu Merbau dan Kayu Kumea

berikut akan kami uraikan beberapa informasi singkat mengenai perbedaan kayu merbau dan kayu kumea, berikut informasinya :

1. Perbedaan Serat Kayu

Perbedaan yang bisa kita lihat yaitu, kayu merbau memiliki serat yang berbeda engan kayu kumea, pasalnya kayu merbau memiliki serat lurus yang membentang, sedangkan kayu kumea memiliki serat lurus yang sedikit bergelombang, walaupun keuda serat kayu ini berbeda tapi warna dari kayu merbau dan kumea terbilang cukup mirip.

Baca juga : Mengenal kayu Merbau secara rinci

2. Tingkat keras dan awet berbeda

Perbedaan selanjutnya ialah, kayu merbau memiliki tingkat keras lebih tinggi dibadning kayu kumea, namun tidak usah khawatir karena perbedaan tersebut tidak terlalu berbeda, maka dari itu Anda masih bisa menggunakan material interior warna kayu merbau dengan harga yang lebih terjangkau.

Jadi, Sudah tahu dengan Kayu Kumea? Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai dan gunakan material kayu terbaik untuk hunian Anda agar lebih berkualitas.