Kayu Mahoni

Sudah tahu dengan Kayu Mahoni? Begini karakateristik yang Belum banyak orang tahu!

Banyaknya jenis kayu atau pohon diindonesia, membuat indonesia semakin terkenal dengan berbagai kekayaan yang dihasilkannya, Apalagi dari bidang kehutanan. Mungkin, sebagian dari Anda sudah mengenal dengan Pohon atau kayu satu ini, ya, seperti yang sudah dicantumkan dijudul. Pohon tersebut bernama Mahoni.

Terutama dalam bidang furniture, pohon mahoni merupakan salah satu pohon terunggul dan banyak dipergunakan untuk hal tersebut, tidak hanya itu saja.

Melainkan kayu mahoni memiliki karakteristik yaang mungkin Anda belum mengetahuinya, Penasaran bagaimana karakteristik dari kayu mahoni? yuk mari kita berkenalan dengan pohon satu ini, berikut informasinya :

Mari Mengenal terlebih dahulu Pohon Mahoni

Pohon Mahoni, pohon seperti apa?

Pohon Mahoni merupakan salah satu bagian meliaceae ( suku anggota tumbuhan berbunga yang kebanyakan meliputi pohon dan semak-semak pada bangsa Sapindales ) yang mencangkup 50 general dan 500an spesies tanaman kayu keras.

Bahkan, kayu mahoni termasuk kedalam salah satu pohon yang memiliki ukuran besar dengan tingginya poho bisa mencapai 35 meer hingga 40 meter dan memiliki diamater mencapai 1,5 meter.

Pohon mahoni memiliki ciri khas dari batang pohonnya yang berbentuk silindris lalu, pohon mahoni memiliki kulit luar yang cenderung berwarna merah tua, atau sedikit coklatan kehitaman. Selain itu, kulit luarnya beralur dan bertekstur sisik.

Walaupun pohon mahoni seperti demikian, anda harus mengetahuinya juga bahwa kayu mahoni memiliki karakteristik dan manfaat yang bisa Anda manfaatkan untuk bidang furniture atau hal lainnya, Penasaran? Berikut informasinya :

Bagaimana dengan karakteristik Kayu Mahoni?

Jika Anda ingin menggunakan furniture dari kayu mahoni, tentunya Anda harus mengenal terlebih dahulu bagaimana karakateristik dari kayu Mahoni.

Perlu Anda ketahui, bahwa kayu mahoni merupakan jenis kayu yang termasuk kedalam kayu mewah yang memiliki teksture kayu yang keras dengan pori-pori yang kecil, selain itu kayu mahoni memiliki serat yang lurus dan mudah untuk diolah tanpa mengurangi nilai estetik dari kayu satu ini.

Hal yang paling menarik dari kayu mahoni yaitu kayu mahoni akan semakin menarik jika Anda menggunakan kayu tersebut dengan Lama, karena kayu mahoni tanpa dipoles perawarna tidak akan berubah warnannya, bahkan hingga usia diatas 20 tahun Lamanya.

Dengan itu, kayu mahoni semakin disukai dan digemari untuk dijadikan furniture, seperti Kursi, lemari, Meja, tempat tidur, dan bergai furniture Lainnya. namun, Kayu Mahoni tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan juga bukan? untuk itu, yuk kita cari tahu Kelebihan dan kekurangan dari kayu mahoni

Baca juga : 5 Ide Dekorasi Kamar tidur Antimainstream

Begini Kelebihan dan Kekurangan Kayu Mahoni

Mengenal Kelebihan Kayu Mahoni

Faktanya, kayu ini sangat populer dan terkenal dengan kelebihannya, untuk itu Anda harus tahu agar anda semakin yakin menggunkan furniture atau material yang terbuat dari kayu satu ini, berikut informasinya :

Kayu Mahoni memiliki kelebihan dari segi seratnya, arena serat kayu mahoni terbilang lurus dan halus yang membuat tampilan kayu satu ini sangat natural dan mewah untuk diproduksi sebagai bahan dasar furniture dan material kayu lainnya.

Lalu, kayu mahoni memiliki daya tahan yang stabil, sebab kayu mahoni tidak mudah mengalami penyusutan selamat berpuluh-puluh tahun, satu kelebihan ini sangat penting dan menguntungkan untuk Anda yang menginginkan furniture atau material kayu mahoni.

Selain itu kandungan dari kayu maohini sangatlah rendah dan membuat kayu ini dapat dilapisi dengan cat duco tanpa memberi noda kuning seperti kayu lainnya. namun, pastinya setiap kayu memiliki kelebiihan dan kekurangan, begitupun kayu Mahoni yang tidak luput dari kekurangannya, Berikut kekurangan dari kayu mahoni :

Mengenal Kekurangan Kayu Mahoni

Kelebihan dari kayu mahoni tidak menutup kemungkinan dari kekurangannya, berikut kekurangan dari kayu mahoni :

Pohon mahoni, merupakan pohon yang kerap diserang hama, sehingga sulit menemukan mahoni yang matang dengan tersebut menjadi kayu mahoni memiliki kekurangan, membuat para petan banyak yang meugi diakibatkan kayu mahoni yang menjadi rusak dan berlubang.

Namun, apakah Anda penasaran dengan perbedaan dari kayu mahoni dan kayu jati? mungkin keuda tersebut memiliki standar kepopuleran yang sama, tapi kebanyakan masyarakat belum mengetahui apa saja perbandingan yang bisa dibandingkan dari kedua jenis kayu tersebut, Penasaran? berikut informasinya :

Begini Perbedaan Kayu jati dan Kayu Mahoni

sebelum Anda mengetahui perbandingan dari Kayu jati dan mahoni, mungkin seharusnya Anda mengenal terlebih dahulu bagaimana karakteristik dari kayu jati, agar Anda semakin bisa membandingkan kedua jenis tersebut.

Sedikit informasi dari Kayu jati, Kayu jati merupakan jenis kayu populer yang biasa digunakan utuk kebutuhan furniture dan bahan baku material interior, Kayu jati memiliki karakteristik yang kuat dan awet dan memiliki berbagai jenis grade atau tingkatan yang bisa Anda gunakan, dan Kayu jati memiliki kelebihan yang tidak kalah dari Kayu Mahoni.

Baca juga : Informasi Lengkap Kayu Jati yang bisa Anda ketahui

Nah, sekarang Anda sudah mengenal antara kayu jati dan kayu mahoni, Manakah yang menurut Anda terbaik? jelas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga jika ditanya mana yang terbaik,

mungkin jawabnnya adalah selera Anda terhadap jenis kayu mana yang Anda inginkan atau Anda Harapkan. dan berikut ini, kami akan mempaparkan perbandingan kayu jati dan kayu merbau yang bisa Anda ketahui :

Perbandingan dari tingkat kekuatan

Mungkin kayu jati dan kayu mahoni memiliki tingkat kekautan yang sama, karena kedua kayu tersebut memiliki keunggulan dan tingkatan keras yang hampir sama, untuk itu jika Anda membandingkan jenis kayu mana yang terkaut, mungkin kedua kayu tersebut sama-sama kuat.

Perbandingan dari tingkat keawetannya

Jika ditanya mengenai kewetan mana yang unggul, tentunya kayu jati memiliki tingkat keawetan yang cukup panjang, namun tingkatan tersebut tidak terlalu jauh dari Kayu Mahoni, maka dari itu anda tidak perlu khawatir jika menggunakan kayu mahoni.

Perbandingan Tekstur dan Corak

Jika membandingkan tingkat estetika atau keindahan dari kedua jenis kayu tersebut, mungkin akan kembali lagi terhadap selera mana yang ingin anda gunakan, karena kayu jati dan mahoni mempunyai warna yang unik dan khas yang membuat keduanya dapat membuat keindahan yang bisa dirasakan.

Perbandingan Terhadap cuaca

untuk perbandingan satu ini, mungkin kayu jati lebih menang dibanding kayu mahoni, karena kayu jati sudah sering digunakan untuk beberapa material interior yang bisa Anda gunakan untuk memperindah Hunian rumah

Perbandingan Harga Produk

jika membandingkan kepada materi mungkin Kayu mahoni memiliki harga yang terjangkau dibanding kayu jati, dengan itu jika dibandingkan mengenai harga. Tentunya kayu mahoni menang dalam perbandingan satu ini.

Mungkin secara umum kayu jati menang lebih banyak ketimbang kayu mahoni, jati dengan kekurananya yang sama dengan kayu mahoni, memiliki masa pakai lama, tahan perubahan dan lebih tahan hama umumnya menjadi salah satu pertimbangan yang utama.

Namun konsekuensinya jika Anda ingin menggunakan kayu jati, pastinya harga kayu jati lebih mahal, Tetapi jika Anda ingin menggunakan kayu dengan standar karkateristik dan harga murah, mungkin Kayu Mahoni bisa menjadi pilhan alternatif Anda.

Jadi sudah tahu karakteristik dari kayu mahoni? dan Sudah tahu perbandingan dari Kayu jati dan Mahoni?

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas dan Gunakan material berkualitas di Kios Parket Indonesia