Kayu olahan

Kenali, 5 jenis kayu olahan yang jadi Primadona Material Furniture

Kayu Olahan merupakan salah satu jenis material yang banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti pembuatan furniture dan lain sebagainya.

Selain Harganya lebih murah dibandingkan kayu-kayu pada umumnya, kayu olahan juga mudah ditemukan, dan mudah dibentuk. Maka dari itu banyaknya pembuatan furniture yang bahan dasarnya menggunakan kayu olahan.

Kayu olahan biasanya terbuat dari beberapa lapisan kayu yang diolah melalui mesin mesin terbaik, lalu direkatkan dan membentuk papan utuh layaknya kayu pada umumnya.

Kayu olahan juga memiliki beberapa jenis tergantung kekuatan dan ketahannya, apalagi setiap kayu olahan memiliki cara pembuatan dan bahan-bahannya. Penasaran? untuk itu yuk catat dan simak beberapa informasi mengenai Jenis-jenis Kayu Olahan berikut ini :

Berikut Beberapa Jenis Kayu Olahan yang biasa digunakan

1. Kayu Olahan MDF (Medium Density FIberboard)

MDF atau singakatan dari Medium Density Fiberboard Merupakan kayu olahan yang terbentuk dari serpihan Kayu yang dipadatkan, lalu dibentuk hingga membentuk sebuah lembaran layaknya papan atau triplek.

Kayu Olahan MDF merupakan kayu yang memiliki keunggulan yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis kayu olahan lainnya seperti HDF atau particle board, karena kayu mdf memiliki kepadatan medium sehingga kayu ini tidak mudah patah atau Bengkok.

Dengan itu, kayu mdf sering diolah untuk dijadikan beberapa kebutuhan seperti Lemari, Meja belajar, kunsen bahkan jendela. Apalagi kayu MDF memiliki permukaan tekstur yang halus, sehingga nyaman untuk dibentuk dan tidak perlu diamplas kembali saat dibentuk.

2. Kayu Olahan LDF ( Low Density Fiberboard )

kayu Olahan selanjutnya adalah kayu Olahan LDF atau singkatan dari Low Density Fiberboard, kayu olahan jenis ini terbuat dari beberapa bahan, seperti Sisa sisa dari bubuk kayu, atau dari bubuk gergaji yang diolah dengan bahan resin lalu digabungkan dan dibentuk agar menyerupai sebuah papan yang utuh.

Kayu LDF terkenal dengan harganya yang terjangkau, namun sayangnya kayu ldf memiliki kualitas kekuatan yang tidak bagus jika dibanding dengan jenis kayu olahan lainnya.

Kayu Olahan LDf juga termasuk kayu yang memiliki berat yang ringan dan paling lunak. walaupun demikian, kayu LDF masih banyak diminati di kalangan industri perkayuan.

3. Kayu Olahan HDF ( HIGH Density Fiberboard )

Kayu olahan HDF atau singkatan dari High Density Fiberboard, merupakan jenis kayu olahan yang tidak jauh berbeda dengan kayu sebelumnya sperti MDF dan LDF.

Karena kayu HDF memiliki tingkatan keras dan kuat yang tinggi karena kayu HDF akan dikompres terlebih dahulu lalu dikeringkan dengan suhu yang lebih tinggi, agar panel yang dihasilkan kuat sehingga dapat menahan beban.

Oleh karenna itu, tak heran jika Material Kayu olahan HDF kerap digunakan untuk pembuatan lantai Laminate ( Laminate Flooring ) itu sebabnya mengapa lantai laminate dapat dijadikan alternatif pengganti parket kayu solid yang memiliki harga yang lebih tinggi.

Baca juga : Mengenal Lantai Kayu Lamanite

4. Kayu Olahan Teakblock

Teakblock merupakan kayu olahan yang terbuat dari bahan kayu jati, namun kayu olahan jenis ini bukan kayu jati utuh, melainkan kayu taekblock masih seperti kayu olahan lainnya yang menggunakan lembaran kayu tipis yang rekatkan dan dipress dengan tekanan tinggi menjadi lembaran papan, namun bedanya kayu teacblock adalah lembaran kayu yang digunakan dari bahan kayu jati.

Tentunya, dengan menggunakan bahan kayu jati, tingkat kekuatan dan daya tahan dari kayu olahan satu ini lebih baik dan lebih kuat dibandingkan dengan kayu olahan lainnya. Teakblock banyak dipakai untuk material bahan flooring atau untuk melapisi papan kayu.

5. Kayu Olahan Blockboard

Kayu olahan yang terakhir adalah kayu Blockboard, blockboard merupakan kayu olahan yang terdiri dari 3 lapisan kayu dengan serat yang berbeda-beda, dan setelah itu lapisan tersebut dipress menjadi 1, blockboard juga memiliki tingkat kuat dan daya tahan yang fleksibel dan tentunya sangat kuat.

Blockboard banyak digunakan untuk pembuatan perabotan seperti bangku, rak, meja, lemari bahkan Pintu. Hal tersebut dapat dilakukan karena blockboard terkenal dengan tingkat kuat yang tinggi dan selain kuat, blocboard juga ringan apalagi olahan blocboard memiliki beberapa motif warna yang cantik.

Baca juga : Mengenal Kayu Solid dan karakteristiknya

Alasan Kenapa Harus menggunakan Kayu Olahan

Pastinya, Anda bertanya-tanya mengenai ” mengapa harus menggunakan kayu olahan? dan kenapa tidak menggunakan kayu solid saja?” tentu tidak masalah jika Anda menggunakan kayu solid maupun kayu olahan, namun tentunya setiap material memiliki nilai plus dan minusnya.

Tentunya, jika Anda menggunakan kayu Olahan, Anda akan lebih irit atau tidak mengeluarkan budget yang tinggi. apalagi banyaknya jenis kayu olahan yang bisa Anda pilih sesuai kriteria yang anda inginkan, jadinya Anda tidak perlu khawatir jika tidak sesuai kretireia karena banyaknya jenis kayu olahan yang bisa Anda pilih.

Apalagi, kayu olahan memiliki fungsi dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan, dari mulai harga yang terjangkau, dapat digunakan untuk furniture dan tentunya mengenai karkateristik.

Walaupun tidak semua jenis lantai olahan memiliki karakteristik yang baik. Namun, setidaknya Anda masih bisa menggunakan untuk keperluan yang ringan.

untuk itu, jika Anda ingin membuat produk furniture dengan minim budget Anda bisa menggunakan kayu olahan, dan jika Anda ingin membuat produk furniture dengan Material yang keras dan bagus. Kayu solid bisa menjadi alternatif Anda untuk bahan utamanya.

Bagaiamana? sudah paham dengan beberapa jenis kayu olahan? untuk itu, sudah tahu jenis kayu olahan mana yang akan Anda gunakan?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, dan Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Lalu, selamat menikmati Hunian terbaik dengan Kayu Berkualitas.