kayu sungkai

Kayu Sungkai, Terjangkau dan Memiliki kualitas Tinggi

Banyaknya jenis kayu yang bisa kita jumpai dibeberapa pusat kayu seperti kiosparket, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kayu merupakan material paling favorit pada era jaman sekarang. Apalagi material kayu sangat diunggulkan untuk pembuatan furniture atau bangunan rumah.

Apalagi, jenis-jenis kayu di indonesia sangatlah beragam, beberapa kayu terbaik diindonesia seperti kayu jati, ulin atau merbau yang biasa digunakan untuk bahan material interior. namun, jenis kayu tersebut memiliki harga yang cukup tinggi membuat kayu ini jarang digunakan untuk kalangan mengenah bawah.

Tapi, untuk Anda yang sedang mencari kayu yang memiliki harga yang leih terjangkau, Kayu sungkai bisa jadi alternatif Anda untuk digunakan. Sudah tahu dengan kayu sungkai? Walaupun kayu sungkai sering digunakan oleh kelas menengah, tapi kualitas kayu sungkai tidak kalah dengan jenis lainnnya.

Untuk Anda yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut kayu sungkai, yuk simak berikut untuk ulasannya :

Asal dari Kayu sungkai

Tentunya kayu sungkai berasal dari pohon sengkai yang tersebar di beberapa dearah seperti Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Selatan dan Tengah serta Sulawesi Tengah dan selatan.

Kayu sungkai atau biasanya dikenal dengan nama latin Peronema canescens jack dan terkanal dengan jati sebrang.
Lalu bagaimana dengan tinggi dan lebarnya pohon sungkai? Pohon sungkai sendiri dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 20 – 30 meter keatas.

Lalu, dengan diamater batangnya yang bisa mencapai 60 senimeter dengan ciri batang yang berlekuk dan lurus, serta rantingnya yang serin dipenuhi oleh bulu-bulu halus. Hal ini membuat pohon sungkai sangat identik dan unik.

Lalu, bagaimana dengan karakteristiknya? Setelah Anda mengetahui asal dan bentuk dari pohon sungkai, selanjutnya kenali karakteristik dari kayu sungkai agar Anda semakin paham bahwa kayu sungkai sangat unggul.

Mengenal Karakteristik Kayu Sungkai Asal Indonesia

Ciri khas dan karkatersitik seperti apa kayu sungkai? jika tadi pohon sungkai memiliki bulu halus disetiap batang pohonnya, sedangkan ciri khas yang menonjol dari kayusungkai ialah memiliki tekstur permukaan yang kasar meskipus sudah diamplas.

Kayu sungkaipun memiliki berat kayu yang cukup tinggi yaitu berkisar diantara 0,50 – 0,70 kilogram per meter kubiknya.

Baca juga : Seberapa unggul Lantai SPC? Begini karakteristiknya

Warna dari kayu sungkai berwarna agak kelabu atau sawo matang, serta bagia tengahnya Anda dapat melihat berwanra cokelat muda. Lalu, bagian pinggirnya memiliki warna yang lebih cerah dibanding warna pada bagian tengahnya.

Manfaat Kayu Sungkai untuk Bahan Material

Jika bicara soal manfaat dan kegunaanya, Kayu sungkai kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan furniture, seperti yang sudah kita ketahui bahwa furniture tidak jauh dari kursi, meja, daun pintu bahkan lemari pakaian.

Namun, berkat tingkat kekuatan yang baik, kayu sungkai juga bisa digunakan untuk bahan bahan keras seperti tiap rumah atau atap rumah, selain itu, kayu sungkai sering diolah menjadi veneer yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan lapis.

Lalu apa saja plus minus dari kayu sungkai?

Jika membicarakan plus minus, sudah seharusnya setiap produk memiliki kelebihan dan kekuragannya agar Anda dapat membandingkan dengan produk lain agar pas sesuai selera yang Anda inginkan. Berikut informasinya :

Mengenal Plus dan Minus Kayu Sungkai

Kelebihan Kayu Sungkai

Walaupun, kayu sungkai terkenal dengan permukaannya yang kasar, tapi salah satu kelebihan yang bisa Anda temukan dikayu sungkai ialah, Serat-serat kayu sungkai yang bermotif cantik dan sangat cocok jika dijadikan sebagai furniture bergaya minalis dengan sentuhan keindahan natural.

Apalagi jika Anda menyukai furniture kayu sungkai, Anda harus berbagga hati karena kayu sungkai tergolong jenis kayu yang cukup kuat.

Kelebihan selanjutnya ialah pada proses pengolahannya, kayu sungkai terbilang cukup mudah dalam pengolahan, sehingga para pengrajin furnitur bisa menghemat waktu dan tenaga dalam pembuatannya. Hal ini menjadikan harga kayu sungka lebih terjangkau dibanding jenis kayu lainnya. Seperti, kayu jatia tau kayu mahoni.

Kelemahan Kayu Sungkai

Pembahasan selanjutnya ialah kekurangan kayu sungkai, yang pertama ialah kayu sungkai rentan terhadap serangan hama, seperti rayap atau hama kutu. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan obat atau cairan pelindung hama kayu untuk lebih mengawetkan kayu sungkai.

Baca juga : Jenis Kayu Terbaik di indonesia

Lalu, seperti pembahasa diawal kayu sungkai memiliki karakter kayu yang kasar, tapi hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena Anda dapat menggunakan lapisan atau finhsing khusus pada permukaan furniture kayu sungkai.

Berapa kisaran Harga dari Kayu sungkai?

Harga dan Jenis Motif Kayu Sungkai

Dalam perdangan kayu, standar harga yang bisa Anda koceh dari kayu sungkai ialah diharga per lo sekitar 4 hingga 5 juta per meter kubik. Sedangkan kayu sungkai olahan kisaran 6-8 juta per meter kubik tergatung kualitas dan jenis apa yang kamu gunakan.

Jenis motif yang isa Anda teuka dikayu sungkai diantara lainnya, Sungkai Serat lurus, sungkai serat mahkota.
Bagaimana? sudah siap menggunakan jenis kayu satu ini? Tentunya, setiap jenis kayu dan budget yang dibutuhkan kembali kepada selera yang Anda inginkan, untuk itu pelajari setiap kayu terlebih dahulu sebelum Anda memesan dan menggunakanya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Lalu, utamakan kualitas kayu agar hunian atau furniture yang Anda gunakan dapat bertahan lama dan tidak termakan usia.