lantai laminate

Mengenal Lantai Laminate, Lantai Praktis dan Murah!

Bukankah jika ingin memiliki rumah, harus mempersiapkan material interiornya? begitupun dengan Lantai. Lantai merupakan material yang sangat penting untuk di perhatikan.

Apalagi Jika Anda memiliki rumah dengan desain minimalis, pastinya lantai tidak akan terlewatkan untuk menghidupkan segi visual yang indah.

Beberapa produk lantai mungkin sudah anda dengar, seperti Lantai parket kayu solid, lantai vinyl, keramik, dan Lantai Laminate. Namun, pastinya Anda mencari lantai yang murah dan praktis bukan?

Membahas produk lantai yang praktis dan murah mungkin akan tertuju pada lantai laminate.

Sudah tahukah Anda dengan Lantai laminate? Yuk kita simak beberapa informasi mengenai Lantai Laminate.

Mengenal Spesifikasi lantai laminate

Dengan perkembangan jaman, pastinya kita mencari produk lantai yang praktis dan murah bukan? tentunya dengan spesifikasi yang tinggi.

Begitupun dengan Lantai Laminate, yang merupakan produk lantai yang sudah sering digunakan untuk beberapa lantai, dimulai dari perhotelan, apartemen maupun perkantoran. Hal tersebut membuat Lantai laminate menjadi lantai yang sangat populer

Lantai laminate itu sendiri merupakan salah satu inovasi terbaru untuk dibuatnya lantai hunian rumah yang murah, Lantai laminate atau biasa dikenal dengan lantai laminasi merupakan pengembangan dari lantai kayu solid.

Sistem Pemasangan Lantai Laminate

cara pemasangan lantai laminate yaitu memiliki sistem klik dibagian kanan dan kiri, sehingga Anda tidak akan kerepotan untuk pemasangannya karena terbilang mudah dan hampir mirip dengan parquet kayu solid.

Ukuran Lantai Laminate

Lantai laminate terbuat dari serbuk kayu berkualitas dengan campuran dengan bahan pabrik lainnnya. lantai laminate memiliki ketebelan 8 mm hingga 12 mm, dengan panjang 1,28 m – 1,3 m.

karakteristik detail Laminate

  • Bagian bawah dari laminate merupakan lapisan pelindung yang berbahan melamin. Fungsi dari pelindung tersebut untuk melindungi kayu laminate dari kelembaban lantai.
  • untuk bagian atasnya, dengan bahan HDF atau High Density Fiber
  • untuk bagian atas ada material dekoratif motif kayu agar terlihat seperti kayu solid alami
  • dan bagian teratas dari laminate yaitu lapisan film transparan yang berfungsi sebagai pelindung anti gores dan anti air.

Hal ini membuat Anda dapat merasakan lantai parket dengan Harga yang terjangkau, Namun karkateristik dan keunggulannyapun akan lebih dibawah dari lantai kayu parket.

Baca juga : Mana yang lebih baik, Lantai keramik, Lantai Tempel Atau Lantai Solid?

Tapi, tidak usah khawatir karena lantai laminate tentunya memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda andalkan, penasaran kelebihan apa saja yang ada pada produk satu ini? Yuk simak berikut ini

Kelebihan Lantai Laminate

  • Mudah dibersihkan
  • Mudah dalam pemasangan tanpa perlu tukang ahli
  • Harga lebih terjangkau
  • Memiliki banyak motif
  • Dapat bertahan hingga belasan tahun

Kelemahan Lantai Laminate

  • Sering menimbulkan suara decitan
  • Tidak tahan terhadap Air
  • Tidak terlalu kuat

Dengan Kelebihan dan kekurangan tersebut tidak akan mengecewakan Anda untuk harga yang murah. Bahkan Anda telah menikmati banyak keunggulan dari Lantai Laminate

Bagaimana? siapkah Anda menggunakan produk lantai kayu laminate? atau Anda masih bingung dengan cara pemasangannya? Yuk, kita simak cara pemasangan Lantai Laminate

Cara memasang lantai laminate dengan Mudah

1. Ratakan terlebih dahulu permukaan Lantai

Tahap pertama, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa permukaan lantai dalam kondisi rata, jika belum haluskan terlebih dahulu.

Kondisi permukaan lantai bisa berbentuk acian halus atau pun lantai keramik. Jika masih tersisa furniture di ruang tersebut, pindahkan terlebih dahulu agar ruangan tersebut kosong agar mudah memasangkannya.

2. Siapkan beberapa alat untuk membantu Anda dalam pemasangan lantai Laminate

  • Palu
  • Lem
  • Meteran
  • Silet
  • Pensil
  • Lem G
  • Underplayer foarm
  • Gerinda

3. Potong bagian bawah pintu sebanyak 1 cm

Hal tersebut berfungsi jika ruang tersebut terdapat pintu yang sudah dipasang, Namun cara mengatasinya yaitu dengan memotong beberapa lembar laminate sekitar 1 cm, atau sesuaikan dengan ukuran bawah pintu dan sesuaikan dengan posisi pintu tersebut, jangan kurang dan jangan lebih.

4. Alasi Lantai dengan Underlayer terlebih dahulu

cara berikutnya yaitu, melapisi underlayer foam sebelum melapisi laminate pada lantai, underlayer foam berfungsi untuk meredam suara benturan pada lantai ketika di injak.

5. Siapkan Laminate dan lapisi pada seluruh permukaan Lantai

Cara berikutnya setelah melapisi lantai dengan Underlayer foam, yaitu susun parket laminate sesuai dengan sistem klik di bagian sisi kanan dan kiri, perhatikan juga motif pada laminate, agar terlihat rapih.

Pasang parket pada seluruh permukaan lantai sesuai ukuran, penting diperhatikan, berikan jarak pada dinding rumah Anda sekitar 1 cm, Hal tersebut berguna untuk ruang gerak.

Karena lantai laminate dapat memuai, jika Anda memasangkannya dengan rapat maka lantai akan rusak.

Baca juga : Harga Papan Tangga dengan Produk Berkualitas!

6. Gunakan list sebagai aksesoris

Setelah seluruh bagian lantai terpasang parket laminate, langkah berikutnya yaitu menggunakan list sebagai aksesories.

Lantaran hal lantai tersebut telah memisahkan celah 1 cm antara parket dengan dinding. Tutupi dengan aksesories agar terlihat lebih rapih. Lalu gunakan lem sealant untuk menambahkan list di diding.

Dengan begitu lantai laminate dan dinding akan lebih rekat dan tidak terlihat celah

8. Bersihkan Setelah Pemasangan

Tahap terakhir yaitu, membersihkan beberapa bekas lem atau hal lainnya. Agar lantai siap dipakai.

Selamat Menikmati Lantai Laminate

Bagaimana mudah bukan? demikianlah cara pemasangan Lantai laminate dan informasi mengenai karakteristik dari Lantai Laminate.

Terimakasih Telah membaca artikel hingga tuntas, dan Selamat menikmati Hunian baru dengan Lantai Laminate