perbandingan lantai kayu dan lantai keramik

Perbandingan Harga Lantai Kayu Dan Keramik

Pertimbangan Sebelum Menggunakan Lantai Kayu dan Keramik

Suatu pertimbangan yang sangat bijak, sebelum anda memutuskan untuk membeli lantai kayu ataupun lantai keramik yang akan di aplikasikan di rumah anda, ataupun untuk kebutuhan bangunan lainnya, misalkan anda sedang membangun hotel, atau apartemen, atau bangunan apapun itu, sebaiknya anda mengetahui perbandingan beberapa hal daripada produk lantai kayu maupun lantai keramik, baik itu perbandingan harga, perbandingan nilai estetika, perbandingan nilan kenyamanan, perbandingan tingkat keamanan, dan juga perbandingan-perbandingan lainnya.

Lantai keramik memang sudah memasyarakat semenjak puluhan tahun yang lalu, namun hal itu bukan berarti lantai kayu merupakan produk baru, bahkan sebelum ada produk lantai keramik, lantai kayu sudah menguasai pasar semenjak dahulu, akan tetapi lantai kayu jaman dahulu dengan lantai kayu sekarang memiliki banyak perbedaan, baik itu dari kualitas kayu yang digunakan, juga dari system produksi lantai kayu, dan juga cara pemasangan yang semuanya benar-benar dikerjakan secara profesional, hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan pasar akan penggunaan lantai kayu, namun juga dari segi kualitas benar-benar bisa memuaskan pengguna.

Sebelum kita membahas perbandingan harga lantai kayu dan keramik, mari mari kita ketahui dulu beberapa informasi penting mengenai dua produk lantai yang sedang di bahas kali ini. Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui apa nama dari lantai kayu?

Apakah itu Lantai Kayu?

cara membuat lantai kayu

Lantai kayu adalah suatu produk yang dibuat dari kayu asli, maupun kayu olahan untuk di aplikasikan sebagai pelapis lantai, pengganti keramik atauapun granit.

Produk Lantai kayu terdiri dari banyak jenis, yang paling populer di kenal di masyarakat namanya di sebut parket atau dalam bahasa asing yaitu Parquet, ada produk lantai kayu lain yang namanya Flooring, ada yang namanya Decking, ada Laminate, ada lantai kayu vinyl, dan ada juga jenis PVC.

Mengenali Parket

lantai kayu parket jatilantai kayu Parket atau Parquet adalah produk kayu yang di produksi dengan bahan dasar kayu solid, atau kayu asli tanpa campuran apapun, parket kayu ini berbentuk potongan kecil-kecil, yang di produksi menggunakan mesin Moulding. Parket ini memiliki ukuran tertentu, dengan bentuk yang yang di standarkan untuk bisa digunakan atau di aplikasikan di atas permukaan lantai, berbentuk persegi panjang dengan ketebalan tertentu. Umumnya ketebalan parket sesuai satndar Internasional yaitu: tebal 1,2cm x lebar 5cm x panjang tiga opsi yaitu 30/25/20cm.

Parket banyak orang menggunakannya untuk di aplikasikan pada area indoor yang tidak terkena sinar matahari maupun hujan seperti lantai rumah, lantai lapangan olah raga indoor, lantai Masjid, lantai hotel, dan macam-macam lantai lainnya.

Mengenali Lantai Kayu Jenis Flooring

lantai kayu flooring

Lantai Kayu jenis Flooring adalah sama halnya dengan Lantai Kayu Parket yang sama-sama di buat dari kayu solid, yang membedakan adalah dari segi ukuran.
Ukuran Flooring kayu standarnya lebih besar daripada ukuran lantai parket, baik dari segi panjang, lebar, maupun ketebalan. Jika standar ukuran parket 1,2cm x lebar 5cm x panjang 30/25/20cm sebagaimana telah disebutkan diatas, adapun ukuran Flooring standarnya adalah: tebal 1,5cm x lebar 9cm x panjang random antara 30 hingga 100cm. Selain ukuran ini terdapat produk flooring kayu yang ukurannya lebih besar dari ukuran tersebut dan itu di namakan Flooring Jumbo.

Flooring Jumbo rata-rata di produksi dengan ukuran; tebal 1,5 hingga 1,8cm x lebar 12 hingga 14cm x panjang random antara 30 hingga 100cm, dan ini adalah jenis ukuran yang sudah di terima di pasaran internasional karena kesesuaian porsi ukuran untuk di gunakan sebagai pelapis lantai yang rentan basah dan lembab.

Mengenali Lantai Kayu Jenis Decking

lantai kayu deckingLantai Kayu Decking adalah produk dari kayu yang khusus untuk digunakan sebagai pelapis lantai untuk area outdoor atau area terbuka di luar ruangan. Lantai kayu decking ini banyak digunakan pada area taman, samping kolam renang, teras rumah, lantai gazebo, maupun lantai dermaga.

Lantai Kayu Decking haruslah di produksi dari jenis kayu yang memiliki ketahanan yang baik agar awet dan tahan lama di aplikasikan di area luar yang sering terkena panas maupun hujan, beberapa jenis kayu yang paling cocok untuk dibuat decking antara lain; Kayu ulin, kayu merbau, kayu bengkirai dan kayu kruing. Kayu-kayu inilah yang selama bertahun-tahun di pasarkan sebagai produk decking karena kualitasnya, namun yang paling tinggi kualitasnya hanyalah kayu ulin dari kalimantan karena tingkat kekerasan dan keawetannya yang sudah teruji dan di akui dunia.

Mengenali Lantai Kayu Jenis Laminate

laminate flooringlaminate flooringLantai Kayu jenis Laminate atau lebih dikenal Laminate Flooring adalah salah satu jenis produk lantai kayu olahan, artinya bukan produk lantai kayu solid melainkan di buat dari serbuk kayu campuran, kemudian di press dengan menggunakan bahan pengeras hingga menjadi lembaran-lembaran papan yang di sebut HDF (High Density Fiber).

Setelah menjadi lembaran-lembaran papan kemudian di potong-potong dengan ukuran tertentu, kemudian potongan-potongan papan tersebut salah satu permukaannya di lapisi dengan plastik printing motif kayu dan di laminating dengan plastik berkulitas, maka jadilah dia Laminate Flooring

Mengenali Lantai Kayu Vinyl

lantai vinyl motif kayulantai kayu vinylLantai Vinyl sebenarnya bukan termasuk lantai kayu, dia terbuat dari PVC (Poly Vinyl Chloride), sejenis lembaran plastik karet dengan ketebalan rata-rata 3mm, kemudian di salah satu permukaannya di printing dengan motif kayu, sehingga tampaklah dia seperti lantai kayu ketika di pasang di lantai.

Lantai kayu vinyl merupakan pilihan alternatif yang cukup murah bagi anda yang mendambakan lantai motif kayu tapi memiliki budget yang terbatas maka lantai kayu vinyl adalah solusinya, beragam motif banyak pilihannya, hanya saja lantai vinyl tetaplah vinyl dan bukan kayu, maka kualitasnya juga tidak sebanding dengan lantai kayu asli.

Kayu Apakah Yang Paling Bagus Untuk Parket?

Tidak semua jenis kayu bagus untuk di jadikan lantai kayu parket, perlu pengujian kualitas terhadap kayu yang bisa dijadikan lantai kayu, harus memenuhi beberapa syarat antara lain: kekuatan kayu, keawetan kayu, ketahanan terhadap kelembaban, ketahanan terhadap kestabilan karena kebanyakan jenis kayu mudah memuai dan menyusut, ketahanan terhadap perubahan cuaca, dari segi kesehatan karena ada beberapa kayu yang getahnya bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit, dan juga ketahanan terhadap serangan rayap.

Maka dari itu dari sekian banyak jenis kayu, namun yang cocok untuk di jadikan produk parket dari segi kualitas hanya beberapa jenis saja antara lain: Kayu Jati, Kayu Merbau, Kayu Ulin, Kayu bengkirai, kayu sonokeling, kayu kempas, kayu kruing

Dari Apakah Lantai Keramik Dibuat?

Bagaimana Cara Produksi Lantai Keramik?

Bagaimanakah Cara Memasang Lantai Kayu Parket?

Perbandingan Harga Lantai Kayu Dan Keramik.